2013/02/17

contoh penelitian


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
            Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, kita hidup di dunia ini membutuhkan pertahanan hidup agar dapat selalu sehat dan bugar. Salah satu cara agar kita dapat terlihat sehat dan bugar adalah mengkonsumsi makanan dan minuman sehat seperti empat sehat dan lima sempurna. Indonesia adalah salah satu negara agraris yang mempunyai Sumber Daya Alam yang melimpah. Makanan  pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, berbeda dengan mayarakat luar negeri yang sebagian besar makanan pokoknya adalah roti atau gandum. Tetapi sebagian pulau di Indonesia mempunyai makanan yang dapat menggantikan nasi contohnya seperti jagung, sagu, dan lain-lain yang mengandung karbohidrat yang cukup. Wilayah Situbondo dan sekitarnya merupakan daerah yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai petani atau nelayan. Untuk mengawali pekerjaannya pada pagi hari, masyarakat biasanya makan pagi atau yang biasa disebut dengan sarapan pagi. Sarapan sendiri penting karena sebelum mengawali kegiatan sehari-hari kita harus mengisi kekosongan perut kita agar tidak sakit. Sakit maag adalah penyakit yang biasa di derita masyarakat yang tidak makan atau telat makan, maka dari itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan kita agar tubuh kita selalu sehat.
            Sarapan terkadang tidak dilakukan dikarenakan tergesa-gesa ataupun tidak mempunyai persediaan makanan. Begitu pula siswa SMA Negeri 1 Besuki, akibatnya siswa pingsan, pusing, mual (sakit perut) atau maag, bahkan mengantuk dan tidur dikelas. Konsenstrasi sangat dibutuhkan oleh siswa agar dalam pelajaran siswa dapat mencernanya dengan baik. Observer bertujuan untuk mengetahui seberapa minat siswa terhadap sarapan pagi dan apakah sarapan berpengaruh besar terhadap keaktifan siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM di SMA NEGERI 1 Besuki. Selain itu kegiatan penelitian ini dilakukan untuk memenuhi mata pelajaran Metode Penelitian Karya Ilmiah (MPKI) di kelas excellent. Untuk itu observer mengambil tema yang berjudul “Pengaruh Sarapan Pagi Bagi Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Di SMA Negeri 1 Besuki”.

B. Rumusan Masalah
         Rumusan masalah dari penelitian ini sebagai berikut:
1.      Bagaimana pengaruh sarapan pagi bagi keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Besuki?
2.      Bagaimana solusi agar siswa SMA Negeri 1 Besuki selalu sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah serta aktif dalam kegiatan belajar mengajar?

C. Tujuan Penelitian
         Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pengaruh sarapan pagi bagi keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Besuki.
2.      Untuk mencari solusi agar siswa SMA Negeri 1 Besuki selalu sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah serta selalu aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

D. Manfaat
      1. Bagi Peneliti
      Menambah pengetahuan dan wawasan tentang pengaruh sarapan pagi bagi keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Besuki dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.
2. Bagi Siswa SMA Negeri 1 Besuki
Agar siswa sadar bahwa sarapan pagi itu penting bagi keaktifan dalam
      kegiatan belajar mengajar dan kesehatan.
3. Bagi Pembaca
Memberikan informasi tentang pengaruh sarapan pagi terhadap kesehatan
      serta solusi agar selalu sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar