2015/08/28

Relevansi Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) untuk Mahasiswa



Hi teman-teman! :) Hmm, sebelum memulai pembahasan kita kali ini, perkenalkan nama saya Nurul Firdaussyah biasa dipanggil Firda ^^ asal Besuki-Situbondo Jawa Timur yang sekarang sedang belajar di Universitas Jember Fakultas Sastra Jurusan Sastra Inggris. Kebetulan ini merupakan tugas saya di Mata Kuliah Umum (MKU) Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD), nah apa itu Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) dan apa relevansinya untuk mahasiswa? OK Well, pada pembahasan kita kali ini kita akan membahas tentang "Relevansi Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD)", so check it out!

Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) pada awalnya merupakan gabungan dari mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Budaya Dasar (IBD). Mata kuliah tersebut merupakan Mata Kuliah Umum (MKU) yang biasa diterapkan pada setiap perguruan tinggi yang ada.

Mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) ini sangat penting bagi mahasiswa di perguruan tinggi manapun, mengingat negara kita tercinta yaitu Indonesia merupakan negara yang kaya akan Budaya, sehingga untuk mengatasi masalah kehidupan masyarakat yang ada hubungannya dengan Budaya kita perlu mengerti dan memahaminya terlebih dahulu sebelum mengatasi semua masalah tersebut. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mempelajari Budaya-budaya dan seluk beluknya melalui Mata Kuliah Umum (MKU) Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD), khususnya kita yang sedang duduk dibangku perkuliahan ini.

Selain untuk mempelajari tentang kehidupan sosial dan budaya pada masyarakat, mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) ini juga membantu kita belajar mata kuliah lain selain konsentrasi kita terhadap jurusan kita masing-masing, karena pada akhirnya kita sebagai mahasiswa akan lulus dan menyandang gelar sarjana strata 1 atau biasa disebut dengan sarjana S1 yang akan turun dimasyarakat luas. Jadi, selain mempelajari mata kuliah jurusan masing-masing kita juga perlu mempelajari mata kuliah yang lain agar kita dapat dihormati dan diterima oleh masyarakat luas dengan baik serta mendapatkan ilmu melimpah dan barokah. Juga ingat teman, ada pepatah mengatakan “Tuntutlah Ilmu Setinggi Langit!” dan “Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri China!”, so FIGHTING!!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar